[INSPIRASI] Kisah Sukses Dari 4 Pengusaha Ini

Handy.co.id – Dari segi modal saja tidak cukup untuk menjadi pebisnis yang sukses. Dan strategi juga belum cukup. Banyak faktor yang perlu dipenuhi, salah satunya yang perlu dimiliki adalah semangat pantang menyerah.

Semangat pantang menyerah ini bisa diperoleh dari mana saja. Bisa juga dari cerita sukses para pebisnis yang dapat menginspirasi.

Mungkin dari kalian ada berpendapat bahwa “Nasib orang kan beda-beda”. Kalo menurut pendapat saya, mendingan jangan jadi pengusaha kalo masih ada pemikiran seperti itu.

Malah kebanyakan dari pebisnis sukses tersebut merupakan orang yang berhasil mengubah nasib mereka. Lihat saja dari kisah sukses 4 pebisnis yang akan kita share di bawah ini:

Demi mimpi untuk menjadi orang sukses, mereka merupakan orang yang merantau ke kota orang. Bahkan sampai ke luar tanah air. Dari nol menjadi orang yang sukses berbisnis.

Bacalah pada kisah sukses 3 pengusaha ini agar bisa menambah semangat kalian untuk menjalankan usaha.

1. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipat Widjaja

Berasal dari Negeri Tiongkok untuk mengadu nasib di Indonesia, Eka Tjipat Widjaja akhirnya memperoleh kesuksesan besar di Tanah Air. Ia berani mengambil resiko tentang bahaya gelombang di laut ketika akan berlayar ke Tanah Air dari Tiongkok.

Padahal, belum tentu ada jaminan ia akan meraih kesuksesan di perantauan. Dan lagi, ia tidak bisa sama sekali berbahsa Indonesia.

Akan tetapi, karena perjuangan keras dengan keluarga, Eka Tjipta dapat menjadi salah satu pengusaha yang sangat terkenal di Indonesia. Bisnisnya adalah di Sinarmas Group yang tersebar di banyak lokasi.

Dan fokus usahanya juga beragam, dari industri kertas sampai ke industry keuangan. Kesuksesan Eka Tjipta diantaranya dapat dilihat dari namnya yangmasuk ke daftar orang terkaya Indonesia di majalah Forbes.

2. Johny Andrean

johny andrean

Apakah dari kalian mengetahui Johny Andrean? Setiap kali kalian ke Mall Besar atau supermarket, maka hamper bisa dipastikan bahwa di salah satu tempat akan bertuliskan “JOHNY ANDREAN”. Yakni Salon.

Dan ternyata, kesuksesan tersebut tidak mudah diraih olehnya. Johny Andrean lahir di Singkawang (Kalimantan Barat). Ayahnya merupakan pedagang, sedangkan Ibunya memiliki usaha salon kecil di desanya.

Johny akhirnya nekat untuk merantau ke Jakarta pada tahun 1970-an dengan modal kemampuan menata rambut dari ibundanya. Awalnya ia hanya membuka salon kecil di sekitar Jakarta Utara.

Lalu, ia mengasah kemampuannya sebagai penata rambut, dan mempelajari untuk memotong rambut yang terbaru dan yang sedang trend. Dan ia tidak lupa untuk mempraktekan kunci sukses sebagai pengusaha yakni ramah pada pelanggan.

Sekarang, salon miliknya tersebar di wilayah lain di seluruh tanah air, walaupun di tahun 1998 pernah mengalami kemunduran karena kerusuhan hebat serta menelan belasan salonnya. Ia juga berekspansi ke sayap bisninya di bidang kuliner yakni BreadTalk dan J.Co, dan mendirikan sekolah salon.

3. Iwan Sunito

iwan sunito

Iwan Sunito juga berasal dari Kalimantan, tepatnya di Pangkalan Bun (Kalimantan Tengah). Pada saat lahir, ia hidup dalam kondisi yang kekurangan. Bahkan pada saat sekolah ia pernah tinggal kelas. Tetapi malah itulah titik balik pada dirinya untuk memperbaiki diri sendiri dan mampu berkembang.

Ia sempat membantu ayahnya untuk berjualan kelontong, Iwan lalu bisa melanjutkan kuliah hingga ke Australia. Dan bukan hanya kuliah, ia juga meraih kesuksesan untuk menjadi pengusaha di bidang property di Negeri Kanguru tersebut.

Dengan kakaknya, Nisin Sunito, Iwan Sunito mengembangkan usaha di Australia. Iwan lalu merancang strategi yang matang ketika memulai usaha untuk menekan pengeluaran dengan menywa tenaga para mahasiswa. Tentu saja biaya pada mahasiswa tersebut lebih murah dibandingkan untuk pekerja profesional.

Sekarang, Iwan Sunito bisa dikatakan meraih kesuksesan dengan Crown Group miliknya yang fokus pada segmentasi menengah ke atas di Australia.

4. Puspo Wardoyo

puspo wardoyo

Brand KFC berasal dari Negeri Paman Sam, sedangkan Ayam Bakar Wong Solo berasal dari Indonesia. Memang pada brand Ayam Bakar Wong Solo belum meraih kesuksesan seperti KFC di seluruh penjuru dunia.

Namun demikian, merek dagangnya dapat dikatakan sudah berhasil pada tingkat nasional. Dan dibalik dari keberhasilan tersebut adalah Puspo Wardoyo, orang Solo yang merantau sampai ke Medan.

Restoran Puspo yang pertama kali dibuka bukanlah di kota Solo melainkan di kota Medan. Ia nekat untuk merantau ke Medan karena mendengar cerita rekannya yang berhasil berdagang bakso di kota tersebut. Padahal kala itu ia berstatus PNS.

Lantaran keluarganya merupakan pedagang ayam potong di Solo, maka ia juga mendirikan restoran ayam bakar di tanah perantauran. Tidak langsung mendirikan resotoran yang megah, yang pertama ia bangun masih pada segmen kaki lima.

Pada awal berdiri usahanya, tidak sampai 10 ekor ayam yang bisa ia jual. Namun, roda mulai berputar pada saat usahanya diliput oleh media local.

Sekarang kita dapat melihat sendiri cukup banyak cabang Ayam Bakar Wong Solo. Walaupun usahanya tidak seramai dahulu karena diterpa masalah poligami.

Dari 4 kisah sukses usaha tersebut hanyalah segilintir cerita sukses para pengusaha yang pada awalnya memulai dari nol. Apabila diteliti lagi, terdapat beberapa karakter pengusaha yang mereka miliki, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Berani mengambil resiko
  • Memiliki rencana dan mau langsung action
  • Menerapkan strategi bisnis yang nyata
  • Pantang menyerah

Semoga dengan adanya kisah sukses dari pengusaha yang kami sebutkan di atas dapat menjadi penyemangat kita untuk menjadi seorang pengusaha. Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂

Baca juga :

Inilah Kunci Sukses Saat Masih Muda Yang Bisa Kamu Teladani Dari Jepang

Jatuh Bangun Soegianto Widjaya Mengembangkan Cookpad Indonesia

Cerita Diajeng Lestari Membesarkan Situs Hijup.Com

 

[INSPIRASI] Kisah Sukses Dari 4 Pengusaha Ini | ahmad handi | 4.5